Unit Pusat Riset (UPR)

Unit Pusat Riset, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) merupakan pusat penelitan dan pelatihan yang berfokus pada berbagai penyakit menular tropis, lahan basah terutama yang terdapat di Indonesia. Pada tanggal 02 Januari 2014 Fakultas Kedokteran memiliki ide untuk membentuk Unit Pusat Riset sebagai salah satu upaya meningkatkan dan memperkuat kapasitas penelitian di lingkungan FK ULM. UPR mengalami restrukturisasi dan konsolidasi organisasi dengan strategi kegiatan lebih berfokus pada penelitian, konsultasi dan pelatihan.

Sebagai upaya peningkatan kapasitas penelitian berkesinambungan, UPR pada tahun 2016 meningkatkan kapasitas Divisi untuk mengembangkan penelitian baru melalui fasilitasi pengembangan proposal projek secara lebih sistematik. Disamping itu, UPR telah membuat roadmap penelitian untuk mengidentifikasi topik-topik penelitian prioritas di setiap divisi selama 5 tahun kedepan (2017-2022). Roadmap penelitian ini membantu UPR untuk menentukan arah pengembangan keilmuan dan mengidentifikasi kebutuhan sumberdaya maupun peningkatan kapasitas yang diperlukan untuk mengimplemtasikan topik-topik prioritas tersebut.

Dalam hal penelitian dan konsultasi, UPR telah mengembangkan 21 divisi proyek berbasis penyakit lahan basah.

Dalam hal pelatihan, UPR telah melaksanakan pelatihan  GCLP, GCP dan GHRP. Sebagai pengembangan dari mandat training center WHO/TDR, UPR telah melakukan kerjasama dengan institusi mitra di wilayah Asia dan mengembangkan jejaring pusat pelatihan peningkatan kapasitas penelitian di wilayah Asia. Saat ini UPR telah bekerja sama dengan USAID SHERA untuk perluasan jangkauan implementasi pelatihan.